-->

Menaikan DA dan PA Blog, Pelajari Tata Cara dan Teknik Mudahnya

Seandainya blogging hanya terbatas tentang tata cara membuat blog informasi, mungkin saja tidak perlu muncul istilah SEO Friendly, page one search engine dan lain sebagainya. Saat ini, dasar- dasar tata cara blogging paling mempengaruhi kesusksesan blog berbanding lurus dengan keberhasilan optimasi guna menempatkan blog pada halaman utama mesin pencari khususnya Google.

Kalau Teknik SEO yang dipilih dan diterapkan sudah tepat sasaran, sudah pasti mendongkrak page rank-nya. Implementasi dari ke-efektifan SEO yang paling diincar oleh para webmaster, blogger dan internet marketer adalah hasil akhir nilai DA dan PA pada situsnya.
Bukan tanpa alasan mengapa saya mengatakan DA (Domain Authoruty) dan PA (Page Authority) merupakan buah dari upaya optimasi tepat sasaran. 

Menaikan DA dan PA Blog, Pelajari Tata Cara dan Teknik Mudahnya
Menaikan Domain Authority dan Page Authority


Alasan sederhananya serta sebatas pendapat saya, Domain dan Page Authority merupakan sebuah pencapaian, bentuk penghargaan, timbal balik atas kepercayaan yang diberikan oleh Search Engine. Dengan begitu, gambaran singkatnya, untuk menaikan DA dan PA blog perlu diimbangi dengan usaha dalam menjalin relasi dengan search engine hingga pada akhirnya akan diprioritaskan.
Nilai DA dan PA dipatok mulai dari angka 1 sampai dengan 100, meskipun parameter yang diberikan memiliki value yang sama, bukan berarti pertumbuhannya akan seimbang dan segaris. Bisa saja sebuah blog memiliki nilai Domain Authority dan Page Authority  yang berbeda, agar lebih jelasnya mari pahami dulu pengertian antara keduanya, faktor pendukung, dan teknik mudahnya sehingga dapat melakukan analisa untuk menentukan tata cara menaikan DA dan PA blog.


Pengertian DA Pada Blog (Domain Authority)

Dari beberapa sumber yang pernah Saya baca dan pahami dari sekian banyak situs luar negeri dengan berbagai pendapat dan tanggapan berbeda, Saya menyimpulkan dan menuliskan disini berdasarkan analisa, logika dan kecenderungan pendapat masuk akal.

Sehingga pengertian dari Domain Authority adalah tingkat kekuatan, penguasaan dan keberadaan domain blog bersama dengan seluruh atributnya terhadap search engine dimana domain tetaut pada seluruh informasi blog dalam status mudah dikenali juga ramah terhadap mesin telusur.

Berdasarkan hal diatas,diambil sebagai acuan bahwa untuk menaikan Domain Authority, dapat dilakukan dengan tata cara SEO agar lebih berpotensi untuk memiliki otoritas pada search engine, sesuai dengan apa yang telah disebutkan pada kalimat pembuka diatas, bahwa pertumbuhan Authority adalah wujud dari berhasilnya menerapkan optimasi search engine.

Ketahui teknik mudahnya disini : Teknik Dasar agar blog SEO Friendly.

Perlu kiranya untuk diketahui juga bahwasannya ada beberapa hal lain yang turut berperan penting terhadap score Domain Authority, seperti kuantitas postingan berikut umur domain itu sendiri. Blog informasi yang memiliki jumlah artikel mencapai ratusan dan usia cukup lama juga belum tentu berada pada score tinggi, karena makna sebenarnya dari kuantitas itu adalah jumlah artikel yang terindeks dan memiliki otoritas pada hasil penelusuran, dengan kata lain jumlah atau banyaknya artikel informatif berkualitas.

Pengertian PA (Page Authority) Pada Blog

Masih dalam naungan DA, Page Authority cenderung lebih terselubung didalam kerangka otoritas domain. Maksudnya ialah PA dapat juga dikatakan turunan daripada DA. Otoritas halaman ini dapat terbentuk pada search engine akibat kekuatannya dan tidak mudah digeser posisinya dihalaman search engine.

Semakin banyak halaman yang kokoh berada di pencarian dan bersifat konten abadi yang dibutuhkan oleh pengguna, pengunjung situs akan menaikan PA blog. Untuk teknik mudahnya, lakukan saja penguatan related post berupa internal link, lakukan update menyesuaikan perubahan informasi apabila dirasa belum memenuhi kebutuhan jangka panjang.

Saya merekomendasikan untuk membaca tulisan tentang menaikan trafik meski belum mampu page one disini, karena pada tulisan itu telah Saya terbitkan dasar dasar tata cara yang dapat diterapkan dan erat kaitannya dalam membeantu upaya Anda menaikan rating Page Authority.

Karena kuncinya, dengan analisa dan perlakuan pembaharuan postingan berkala secara wajar dapat memperbaiki posisi di halaman pencarian. Lebih lagi dengan menautkan internal link akan memperkuat dan memaksa spider lebih sering merayapi postingan lampau. Langkah - langkah tersebut juga akan membuat blog Anda tetap bertahan apabila telah mencapai halaman pertama search engine.

Baca juga : Cara Masuk di Halaman Pertama Search Engine

Sungguh tidak ada cara dan teknik mudah dalam membangun blog, kalaupun ada pasti dengan resiko yang akan membahayakan masa depan blog Anda. Utamakan konsistensi, perencanaan matang dan nikmati setiap prosesnya. Anggaplah Anda hanya sedang mempersiapkan diri untuk menerima reward dan keberhasilan buah dari kesabaran dan keuletan Anda dalam mempelajari setiap teknik blogging dan membangun blog informasi.


SHARE

2 komentar:

  1. terimakasih infonya mas,saya jadi bisa mengerti apa itu DA dan PA istilah ini sering di gunakan oleh blogger lain dan tadinya saya kurang mengerti hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas, intinya jangan terlalu diambil pusing. Lanjutin saja ngeblog dengan menerapkan Teknik SEO yang tepat sasaran, saya juga lagi usaha buat naikin DA PA blog baru ini.

      Delete