-->

Panduan Membuat Blog Tutorial Teknik Dasar SEO Khusus Pemula

Panduan Blogging bagian kedua ini lebih banyak akan mengupas secara detil mengenai Teknik Dasar SEO, mengenali tentang apa itu sebenarnya SEO, seberapa pentingnya penerapan pada blog dan bagaimana cara melakukan Search Engine Optimization secara dasar dan mudah khusus pemula tentunya.

Bagian pertama tutorial blog lengkap mungkin sudah cukup untuk memandu Anda dalam membuat blog baru khusus pemula, namun karena tujuan utama pembuatan panduan ini adalah untuk menjadikan blogger baru menjadi pengelola blog yang mengoptimalkan blog nya sehingga memiliki perkembangan progress memuaskan, maka perlu dilengkapi dengan dasar-dasar yang mana nantinya akan membawa blog tersebut menjadi populer.

Panduan Membuat Blog Tutorial Teknik Dasar SEO Khusus Pemula
Teknik Dasar SEO Friendly


Sesuai dengan judulnya, Search Engine Optimization merupakan langkah berupa upaya demi memaksimalkan kinerja blog untuk mencapai tujuan utama blogging.

Tujuan blog yang seperti apa?

Dengan melakukan aktifitas blogging seorang blogger akan mampu mengembangkan bakat menulisnya dan menyampaikan ide serta pemikiran secara publik. Namun itu hanyalah salah satu bentuk manfaat yang akan diperoleh oleh seorang pengelola blog.
Seperti halnya website, blog juga dapat digunakan untuk mempublikasikan informasi kepada khalayak dengan disertai dengan foto, video, hingga animasi. Selain itu, blog dengan lalu lintas kunjungan yang tinggi dapat dimanfaatkan untuk memperoleh earning dengan cara didaftarkan menjadi mitra dari perusahaan periklanan seperti pay per click  (PPC). Lebih daripada itu, membangun sebuah blog juga mampu dioptimalkan untuk membantu mempromosikan produk pribadi bahkan menjadi sebuah toko berbasis online (Internet Marketing). Baca selengkapnya. 
Dari kutipan diatas, secara tidak langsung tujuan utama webmaster untuk memiliki blog terdiri atas beberapa alasan, umumnya adalah karena ingin memiliki situs atau website miliknya sendiri (General Purpose) atau menjadi full time blogger yang mampu meraih penghasilan dengan aktifitas blogging sebagai pekerjaan sekaligus hobi.

Untuk selengkapnya silahkan langsung saja baca artikel terkait melalui link yang telah diberikan, dan buat tujuan Anda. Tipsnya, apapun tujuan utama memiliki blog tentunya tetap saja kesuksesan blog dipengaruhi oleh kemampuan blog tersebut untuk menjadi populer, memiliki pengunjung dan pembaca dan faktor lainnya. Dalam mewujudkan tujuan itulah peran SEO diperlukan.

Apa itu Search Engine Optimization?
Lalu sebenarnya apa makna sebenarnya daripada SEO? Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, SEO kurang lebih memiliki artian sebagai upaya mengoptimalkan kemampuan mesin pencari dalam menemukan blog dan seluruh konten didalamnya, kemudian dikirimkan pada mesin pencari dimana akan ditampilkan sebagai hasil penelusuran.

Kemampuan untuk tampil (visibilitas) inilah yang merupakan pencapaian dari optimasi dengan langkah-langkah yang telah dilakukan. Dengan begitu, jika telah mampu untuk muncul pada hasil penelusuran yang dilakukan pengunjung (target konsumen) akibat konten ditemukan pada hasil penelusuran, maka kesempatan dan peluang untuk dikunjungi dan menerima trafik akan lebih besar.

Perlukah SEO diterapkan pada blog?
Umumnya, selama sebuah blog mentaati aturan baku yang telah ditetapkan (Google dan Blogger) serta tidak pernah memiliki catatan buruk atau penalty dari keduanya, blog akan muncul dihalaman pencarian meskipun tidak selalu berada pada hasil teratas atau prioritas mesin pencari.
Jadi dapat disimpulkan bahwa SEO merupakan usaha dalam menganalisa ketepatan konten agar mampu menjadi prioritas utama yang ditawarkan pada pengguna penelusuran dengan kata kunci pencarian tertentu. Jika sudah menempati urutan teratas atau minimal ada pada halaman pertama dari hasil penelususran, jangkauan terhadap calon pengunjung akan lebih luas dibanding dengan blog sejenis (Niche) atau kompetitor yang menawarkan konten yang sama.

Kenapa orientasi blog selalu pada jumlah kunjungan?
Blog merupakan media punblikasi konten dengan tulisan, gambar dan lainnya. Setelah diterbitkan, seharusnya apa yang telah dikirimkan kepada publik tersebut harus diketahui oleh orang lain. Informasi berupa konten seperti artikel yang dibuat oleh blogger dinilai sesuai dan informatif apabila memiliki jumlah kunjungan besar dalam jangka waktu lama (abadi). Itu artinya, potensi kunjungan besar yang dimaksud adalah buah atau hasil dari keberhasilan mengoptimalkan relasi antara blog dan mesin pencari yang lazim digunakan seperti Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.

Apakah blog akan mendapatkan kunjungan tanpa SEO didalamnya?
Bagaimanapun, blog tetap akan menerima kunjungan dengan atau tanpa membidik SEO sebagai upaya yang dilakukan. Atau dengan kata lain, Teknik dan penerapan SEO hanyalah salah satu kelengkapan blogging (tidak wajib) dimana pada penggunaannya hanya akan membantu menjadikan blog lebih berpotensi menerima trafik kunjungan tinggi melalui hasil yang ditampilkan mesin telusur dengan kata kunci relevan.

Note: Analisa kata kunci adalah salah satu teknik SEO, kata kunci hasil analisa akan digunakan dan ditempatkan pada judul dan kerangka tulisan. Ketepatan kata kunci yang dipilih akan membantu mesin pencarian menampilkan postingan relevan walaupun tidak dengan mengetikan kata pencarian (target visitor) sesuai dengan judul postingan yang dibuat (blogger).

Untuk itu, panduan blogging ini akan mengacu pada tipe SEO dasar dan berbentuk tutorial lengkap yang keseluruhan teknik nya berorientasi dan hanya terbatas pada teknik SEO dasar sehungga mudah dipahami oleh pembaca khususnya pemula yang benar benar masih sangat awam terhadap istilah optimasi mesin telusur.

Bagaimana Cara Kerja Search Engine?

Menjadi vital bagi webmaster untuk memahami cara kerja dari search engine dalam hal ini di maksudkan google dan sejenisnya. Bagaimana cara kerja mesin telusur untuk menampilkan hasil yang relevan dengan apa yang diketikkan penggunanya?

Fase Crawling (perayapan) Situs
Disini penentuan dimulai, robot perayap yang dikenal dengan sebutan crawler, spider-bot memulai untuk menemukan data data baru yang mampu dikumpulkan oleh situs yang baru mengirimkan datanya (Posting)

Indexing (Pengindeksan) Blog
Apabila data data terkirim berhasil dirayapi dan terbaca oleh spider-bot, selanjutnya akan dianalisis dan disimpan oleh Google dalam sebuah database-nya (penyimpanan data). Selanjutnya, ketika ada permintaan dari pengguna untuk menampilkan data sesuai dengan apa yang diketikkan pada mesin telusur, data tersebut dipanggil kembali untuk dibuat daftar secara urut sesuai dengan kata kunci pencarian yang digunakan.

Sebagai tolak ukur kesuksesan pengoptimalan search engine, hasil akhir pada prosesi pengindeksan menentukan apakah SEO yang diterapkan sudah tepat sasaran.

Sebagai penggambaran awal, asumsikan bahwa ada pengguna search engine yang membutuhkan informasi tentang "Bagaimana untuk muncul di halaman pertama Google", maka search engine akan menampilkan hasil-hasil dari database nya dengan relevan dan membuat daftar (listing) berupa urutan sesuai dengan kecocokan menurut search engine.

Maka dari itu, tugas blogger selain membuat konten Informatif juga harus mempertimbangkan kebutuhan konsumen. Dalam hal ini konsumen pun menerima hasil pencarian yang telah di filtrasi oleh mesin telusur dalam pemanggilan database, dengan begitu sangat penting untuk membangun kepercayaan dengan Search Engine agar lolos tahapan tersebut dan diberikannya konten kepada target konsumen.
Kira-kira seperti itulah prinsip dari search engine yang harus dimengerti, dari penjelasan tersebut ditekankan pada kalimat "sangat penting untuk membangun kepercayaan dengan Search Engine" dan sekaligus menjawab pertanyaan tentang betapa pentingnya dalam menerapkan SEO bagi tiap-tiap blog.

Teknik SEO Dasar dan Mudah Namun Efektif

Jika Anda sudah yakin bahwa SEO adalah salah satu faktor yang mendampingi kesuksesan blo serta telah memahami prinsip kerja dari mesin itu sendiri, selanjutnya akan masuk kedalam pembahasan pokok tata cara menggunakan teknik ini demi tercapainya hasil maksimal yang akan membantu blog Anda nantinya menjadi prioritas untuk ditampilkan dari database berdasarkan query yang digunakan oleh calon visitor.

  • Cara Riset Kata Kunci (Keyword Research)  Dengan Keyword Planner
Kata kunci merupakan modal utama dalam memaksa mesin telusur dalam menampilkan hasil index nya, kata kunci adalah barisan kata mewakili pokok yang menjadi pondasi dari kerangka tulisan dan dikembangkan lebih jauh lagi supaya mampu dikenali oleh bot, disenangi oleh spider dan bermanfaat bagi penerima informasi berbasis kata kunci tersebut. Perlu diingat bahwa semua mesin penelusuran menggunakan kata kunci sebagai acuannya dalam memanggil data pada database.

Teknik teknik riset ini telah mengalami perkembangan signifikan, baik itu cara cara yang dipilih sampai dengan tools yang dapat digunakan pun sudah sangat banyak serta mudah ditemui atau digunakan secara cuma-cuma.

Pada Panduan blogging ini8, tutorial blog tentang teknik dasar SEO khusus pemula akan menggunakan tools hasil turunan Google supaya dalam penerapannya lebih efisien karena kiblat Search Engine yang ingin di lakukan optimasi juga merupakan mesin telusur Google.

Langsung saja, untuk melakukan riset dapat langsung meng-klik link Google Adword Keyword Planner Tool, karena disini anda dianggap pemula, maka perlu kejelian dan etelitian ketika proses menganalisa kata kunci. Tidak semua hasil analisa bekerja dengan baik, akan tetapi setidaknya telah mengupayakan untuk meminimalisir penggunaan kata kunci berlebihan (pada judul)  postingan.

Hanya sebagai pengetahuan tambahan, Adword merupakan layanan bagi pengiklan untuk mengkampanyekan situsnya untuk diprioritaskan dan memperoleh trafik kunjungan, sebelumnya juga telah disinggung pada bagian pertama Panduan Membuat Blog Gratis Tutorial Lengkap Khusus Pemula. Silahkan baca terlebih dahulu apabila Anda melewatkannya. Didalam adword terdapat tool yang dapat dimanfaatkan secara gratis, Keyword Planner Tool yang menampilkan data kata kunci lengkap dengan jumlah rata-rata pencarian untuk tiap bulannya.

Pada dashboard workspace (area kerja) adword anda akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu, silahkan mendaftar dengan akun Gmail Anda. Sebagai saran, gunakan satu akun untuk mempermudah dalam mengelola blog beserta akun google lainnya sehingga mempermudah Anda dalam melakukan pekerjaan blogging tanpa harus mengganti akun terlebih dahulu.

Cara menggunakan keyword planner
Setalah akun Anda diproses dan dapat digunakan, kemudian akan diarahkan pada halaman Campaign (kampanye), pindah ke Tab selanjutnya tepatnya pada tab tools dan pilih "keyword planner".

Perhatikan hasil screenshot penggunaan keyword planner dibawah ini, akan dijelaskan apa saja parameter yang penting untuk diisi dan ditargetkan diawal ketika akan menggunakan peralatan gratis milik Google ini.


Tutorial Blog Lengkap Teknik Dasar SEO Khusus Pemula

Dari tangkapan layar diatas, perhatikan kata kunci terpilih pada nomor 1 (Hanya Contoh), sedangkan parameter targetting ialah penentuan target market (Calon Target) seperti misalnya lokasi untuk mentargetkan pasar dan bahasa target yang digunakan. Selanjutnya klik "get ideas".

Dengan menekan tombol get ideas Anda akan di direct pada halaman hasil lengkap dengan rata-rata statistik kecocokan kata kunci yang diketikan pengguna mesin pencari.

Trik riset keyword ini erat kaitannya dengan dasar SEO yang nantinya akan membantu menempatkan hasil konten pada pemanggilan database apabila sudah tepat penerapannya. Untuk memilih keyword yang tepat dapat melihat pada jumlah volume rata-rata pencarian yang ditampilkan pada hasil sesuai dengan yang anda ketikkan di Google Adword Keyword Planner Tool.


Cara memilih keyword dengan GKP
Ingat! GKP tidak dibuat dan didesain sebagai tools menganalisa kata kunci untuk postingan, tujuan utamanya ditargetkan untuk para advertiser sebagai media pembantu untuk pemasangan iklan PPC. Namun, Anda dapat memilih salah satu diantaranya yang nantinya dapat dikembangkan menjadi kata kunci yang sesuai.

Pemilihan kata kunci dapat dilakukan dengan metode analisa sesuai kemampuan masing-masing, perhatikan keyword dari blog lain yang sudah berhasil menduduki Page One dengan urutan paling atas dimana tidak tergeser posisinya meskipun pada kotak pencarian digunakan keyword lain yang berhubungan. Pada umumnya, blogger akan menemukan metodenya sendiri dalam meneliti kata kunci untuk postingannya sebab setiap blog memiliki niche dan ciri khas berbeda, sehingga tidak mungkin dilakukan metoda serupa mengingat beberapa aspek lain sangat berbeda dan tentunya dipengaruhi oleh jumlah kompetitor pula.

  • Cara Riset Kata Kunci Untuk Kelengkapan Artikel

Sebagai pemula, coba pilih salah satu keyword yang muncul pada Google Keyword Planner Tool, selanjutnya ketikkan pada halaman pencari dan lihat apa yang disarankan oleh Google Auto Complete. Google akan secara otomatis menampilkan Query berdasarkan rekam jejak sesuai dengan intensitas seberapa sering diketikkan.

tutorial Blog Lengkap Teknik Dasar SEO Khusus Pemula
Related Searches



Perhatikan gambar tersebut, dalam pemilihan kata kunci, usahakan untuk tidak terpaku pada satu pokok pembahasan. Kembangkan kata kunci menjadi lebih kaya dan memasukan beberapa poin terkait dan relevan didalam artikel dengan memanfaatkan penggunaan tipe heading. Untuk teknik ini lebih cenderung ditekankan pada konsep pembuatan artikel.

Ketika membuat artikel juga perhatikan peletakan kata kunci, sebar kata kunci sebaik mungkin namun hindari menggunakan pengulangan secara berlebihan. Usahakan menulis konten sebaik mungkin sehingga ketika ditemukan oleh konsumen tidak menimbulkan kekecewaan akibat merasa terganggu dengan penyebaran kata kunci terkesan memaksakan.

Baca : Membuat Artikel Blog SEO Friendly Untuk general dan Niche Blog.

Silahkan mengunjungi link tersebut dimana didalamnya sudah membahas tentang bagaimana cara pembuatan artikel sesuai dan cocok untuk memenuhi aspek dasar kebutuhan Search Engine.

Selanjutnya akan disambung pada tutorial blog lengkap bagian ke-tiga. Akan lebih menekankan tata cara mengelola blog termasuklah cara menggunakan Google Webmaster untuk mengoptimalkan kinerja pengindeksan konten.
Untuk panduan blogging selanjutnya dapat dilihat disini, Panduan Blogging: Tutorial Lengkap Cara Mengelola Blog, jangan lupa untuk mengikuti update terbaru melalui formulir follow by email dibagian footer blog ini.
SHARE

2 komentar:

  1. Berapa jumlah kata yang SEO untuk minimal bisa page one?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semakin banyak semakin baik, asalkan buat senatural mungkin dan jangan dipaksakan. Kalau seandainya telah mencapai poin utama kenapa harus ditambah lagi, kira kira seperti itu
      tapi bisa diperluas dengn menambah sub pada tulisan agar mampu membantu memperkaya informasi dan menjadi alasan kuat pula jika ingin memperpanjang kata kata.

      Delete