-->

Tips dan Teknik Dasar Agar Blog SEO Friendly Google

Lagi - lagi SEO, ya seperti itulah resiko sekaligus kewajiban dari seorang webmaster dalam mengupayakan blog atau websitenya mampu terindex, atau mendapatkan perhatian khusus oleh google dalam artian baik sehingga menjadi prioritas yang akan ditampilkan Search Engine google pada hasil pencarian. Saya kira alasan mengapa dirasa mengoptimalkan penerapan SEO (search Engine Optimization) tidak perlu saya ulang berkali-kali sebab sudah sangat banyak informasi terkait pada dan diluar dari blog ini. Salah satu dan yang cukup berpengaruh ialah alasan untuk mendatangkan kunjungan organik (Organic Traffic) silahkan baca artikelnya disini.

Tips SEo Friendly White Hat
SEO Friendly White Hat

Untuk SEO itu sendiri, blogger atau sering desebut webmaster bebas dalam memilih caranya masing-masing. Teknik - tekniknya pun tergantung terhadap pilihan atas dasar kenyamanan dan pemahaman yang dimiliki. Bahkan sampai saat ini Tips mengenai SEO banyak juga ditulis oleh blogger lain dengan berbagai jenis dan jalur. Dikenal SEO white hat dan lawannya adalah SEO black hat.
Baik black maupun white SEO memang pada dasarnya sama sama bekerja ketika Anda gunakan pada blog, namun beberapa tips yang menyangkut SEO black hat (Not recomended) memberikan dampak yang akan sangat berbahaya bagi blog atau website Anda walaupun  memang teknik dan tips Black Hat SEO mampu membawa pertumbuhan pesat. Tidak juga selalu seperti itu, pertumbuhan pesat yang dikatakan akan terjadi secara massif tersebut tentu pula dibayangi dengan kemungkinan de index (tidak terdeteksi) oleh mesin pencari Google.

Oleh sebab itu Saya Merekomendasikan bagi Anda semua yang menginginkan Blog anda memp[u bertahan lama atau bahkan selamanya, selalu gunakan teknik dan tips SEO yang lazim dan direkomendasikan oleh Google. Maka dari itu, tulisan ini saya arahkan kepada White Hat SEO sebagai dokumentasi Saya pribadi dan mudah-mudahan mampu memberikan tambahan atau juga menerima tambahan dari teman - teman pembaca.

Berbicara soal teknik dasar agar blog menjadi lebih SEO friendly akan sangat banyak tentunya yang harus dibahas, walupun hanya teknik dasar sekalipun. Dalam kategori White Hat, dapat dipisahkan menjadi dua cara pengoptimalan website dan blog agar ramah (friendly) sehingga mudah dirayapi dan di prioritaskan oleh Google, keduanya disebut SEO On page dan Off Page. Untuk itu ada baiknya memahami terlebih dahulu kriteria dan maksud dari kedua cara tersebut karena keduanya memang diperlukan agar blog menjadi full friendly pada mesin pencari.

Cara Membuat Blog SEO Friendly Google
Blog SEO Friendly

Pengertian SEO On Page dan Cara Menggunakannya

Secara bahasa, On Page bisa diartikan pada halaman, maka sederhananya cara On Page langsung dilakukan didalam blog. Sebagai gambaran adalah penggunaan template, Headings, hingga Tag-Tag yang dibutuhkan. Agar lebih jelasnya akan Saya bahas satu persatu.

Pemilihan Template SEO Friendly

Selain agar tampilan blog mudah dimengerti dan bagus, ternyata template blog memang sangat berpengaruh pada score atau hasil SEO khususnya On Page. Sudah sangat banyak designer yang membuat template dengan kriteria yang diinginkan oleh search engine dengan dilengkapi Tag dan atribut lain yang dibutuhkan untuk mendongkrak Score SEO. Apabila belum memahami dasar dasar template yang friendly, gunakan saja template yang sudah ada dan dibagikan baik itu secara gratis maupun berbayar. Setelah itu barulah lakukan modifikasi seperlunya atau dapat juga melalui tutorial yang dapat Anda cari di Google, prinsipnya adalah menerapkan template yang sebisa mungkin dipahami oleh robot (spider) agar blog terindex oleh google, yahoo atau bing.

Penggunaan dan pemilihan Exact Match Domain dan Branded Domain

Apa pentingnya domain (Nama Situs) dalam memenuhi tuntutan kriteria blog yang SEO friendly? Semuanya tergantung dari visi dan tujuan dari bloggernya, dalam memilih domain dikatakan memiliki dua tipe, EMD (Exact Match Domain) dan Branded Domain. Sebagian blogger luar negeri juga memiliki selisih paham dan pendapat. Tapi secara logika akan lebih baik memilih domain sesuai dengan niche dan rencana awal tujuan dibuatnya blog, alasan yang paling dasar adalah agar blog mudah diingat dengan nama yang mengandung kata kunci sebagian besar konten atau isi. Sebagai catatan Saya diawal pembuatan blog ini tidak memperhatikan pemilihan domain, sebab pada waktu itu pembuatan blog Samarif.com ditujukan untuk menampung sebagian besar apa yang tidak dapat Saya tuliskan pada blog yang memiliki niche khusus, anggaplah blog general.
Nah kesimpulannya jika blog direncanakan menjadi sarana Internet Marketing, mungkin anda perlu mempertimbangkan memilih EMD tentunya tanpa aktifitas spamming agar tetap SEO dan tidak menerima penalti.

Memaksimalkan Headings dan Internal Link

Robot perayap google atau dikenal sebagai spider diciptakan dengan kemampuan yang cukup baik sehingga mampu membaca dan memahami setiap isi pada website dengan sangat detil, menggunakan Internal Link yang juga disesuaikan dengan heading akan membantu bot dalam menampilkan hasil pada mesin pencarian. Contoh kasus adalah sebuah blog mampu ditemukan pada hasil pencarian meskipun tidak dengan kata kunci utamanya. Mengapa bisa terjadi demikian? Tentu saja jika penggunaan heading yang tepat sasaran dan konten berisi informasi lengkap yang relevan dengan topik utama,Google akan menampilkannya pada hasil pencarian sesuai dengan apa yang terbaca oleh bot.

Mengirim Sitemap Google Webmaster Tools

Berikutnya adalah dengan memanfaatkan salah satu fasilitas milik Google, Webmaster Tools. Jika Anda belum menggunakannya, sedikit saya berikan gambaran akan kegunaan fasilitas ini. Yang jelas dengan Tools ini anda menerapkan salah satu White Hat SEO dengan meminta bot agar segera mengindeks blog dan konten melalui cara submit URL. Terbukti, dengan Tools ini memudahkan webmaster dalam menempatkan blog pada Search Engine dalam hitungan menit, bahkan detik.
Lalu, selain mengirimkan URL Anda juga diizinkan men-submit sitemap supaya bot menjadi lebih sering merayapi setiap isi pada blog Anda, asalkan tidak melakukan spamming dan pelanggaran jenis lainnya, semakin sering proses crawl akan berpengaruh signifikan dan SEO Friendly.

Memaksimalkan Hasil Pencarian Gambar

Memilih gambar yang tepat dan relevan dalam setiap postingan memang cukup sulit. Agar penggunaan gambar optimal, usahakan untuk menggunakan gambar yang setidaknya memberikan gambaran pokok tentang isi sebagian besar dari postingan. Jika sudah menggunakan gambar yang informatif, lanjutkan dengan memaksimalkan kinerja mesin pencari untuk menemukan situs anda dengan mengisi Image Alt Text. Faktanya, beberapa blog niche Saya yang gagal menduduki Page One Search Engine Google justru lebih mudah ditemukan melalui pencarian gambar.
Tipsnya anda dapat menggunakan image alt text yang mengandung kata kunci sedikit melenceng namun tetap relevan yang mana akan menjadi alternatif pilihan yang akan ditampilkan oleh Google Bot.

Dasar - Dasar SEO Off Page

Karena merupakan lawan atau kebalikan daripada SEO On Page, tentulah cara ini dilakukan diluar daripada blog. Maksud dari kata di luar adalah mengutamakan dan meningkatkan kemampuan blog untuk ditemukan melalui cara-cara yang dilakukan diluar halaman blog itu sendiri. Beberapa yang dasar dan umum dilakukan diantaranya adalah:

Share Social Media

Boleh dikatakan aktifitas share artikel dan website atau blog melalui media sosial merupakan salah satu pilihan cadangan apabila SEO On Page belum optimal. Untuk lebih jelasnya dapat dibaca disini meningkatkan trafiknon organik, dengan share melalui media sosial akan mampu mendatangkan trafik non organik yang mampu membantu blog mudah ditemukan.

Melakukan Promosi Situs

Prinsipnya kurang lebih sama dengan share sosial media, kuncinya adalah bagaimana menemukan cara memperkenalkan blog apabila SEO On Page belum maksimal. Promosi situs dapat dilakukan dengan berbagai cara baik itu berbayar maupun dengan kemampuan sendiri dalam memperkenalkan blog kepada target konsumen.

Menanam Backlinks

Untuk backlink Saya rasa tergantung dari keyakinan masing-masing webmaster. Ada yang mengatakan bahwa dengan backlink yang ditanam pada situs lain yang memiliki Page Rank tinggi akan membantu melambungkan popularitas website. Menurut logika dan pemahaman Saya pribadi hal tersebut dapat dikatan masuk akal, dengan tertautnya URL Domain kita pada situs yang dominan pada Hasil Pencarian Google yang tentunya juga sering dirayapi oleh Google bot akan membantu website milik kita ikut terbaca. Namun sayangnya menanam backlink memerlukan pemahaman dan usaha ekstra dalam menemukan lokasi penanaman bagus dan aman. Tetap berhati-hati dalam memilih lokasi penanaman backlinks, jangan sampai dianggap spamming dan menerima teguran hingga penalty.

Mungkin hanya itu pengetahuan SEO Friendly untuk Google yang dapat saya berikan, meskipun seklumit dan hanya dasarnya saja, tetap lakukan semuanya dengan sabar dan terus upayakan untuk mengembangkannya sendiri sesuai dengan hasil praktek dan analisa. Nikmati sajalah setiap proses dalam membangun blog dan blogging, karena pengalaman adalah sebaik-baiknya guru. Terimkasih dan salam.
SHARE

1 komentar: