-->

Cara masuk dan bertahan di halaman pertama search engine

page one untuk halaman pencarian google
Search engine google
Cara bertahan diposisi pertama search engine. Jangankan bertahan, untuk mendapat penghargaan dari google agar ditempatkannya artikel milik kita di halaman pertama dan teratas saja sulit kan? Tidak juga (jawab sendiri), jika sudah mengupayakan untuk menganalisa dan melakukan riset pada keyword serta berusaha sebaik mungkin  untuk mengoptimalkan trik SEO pastinya tidak akan terlalu sulit dan tidak ada yang tak mungkin.
Sebagai permulaan mari kita melakukan sedikit pemanasan mengenai halaman pertama atau page one. Memang apa sih keuntungannya berada di page one mesin pencari? Sebenarnya tidak penting - penting juga jika memang target kunjungan atau visitor tidak masuk kedalam motivasi blogging nya. Tapi bagi kebanyakan blogger tentu saja menginginkan postingannya dibaca dan blog nya ramai kunjungan untuk meraih kepuasan dalam kegiatan blogging.
Baiklah langsung saja saya berikan sedikit tips sederhana yang saya miliki agar mampu masuk dihalaman pertama dan bertahan disana.

Perhatikan jumlah kata tiap postingan

Tidak ada aturan khusus tentang jumlah kata ideal agar dapat berapa di halaman teratas, akan tetapi tentunya akan lebih potensial berada di page one jika artikel yang kita tulis memiliki jumlah kata yang cenderung lebih panjang namun tetap padat pada isi. Alasannya adalah dengan cara ini blogger akan lebih mudah menyebar kata kunci dengan rapih dan tanpa disadari oleh pembaca karena memang membaur dengan isi postingan dan tidak terkesan sebagai pengulangan kata yang berlebihan.

Buat artikel unik, berkualitas dan informatif

Selalu saja konten berkualitas, apa ada alasan yang mendasari bahwa untuk berada dihalaman pertama harus membuat konten berkualitas? Tentu saja memang harus seperti itu, karena dengan memberikan artikel yang informatif secara tidak langsung anda sudah melakukan satu langkah pasti untuk menempatkan artikel itu sendiri pada page one, mengapa demikian? Yang jelas apabila setiap postingan yang telah anda publish merupakan konten informatif yang memberikan manfaat dan berguna, pembaca akan dengan senang hati mengapresiasi dengan cara melakukan share melalui media sosial lainnya sehingga membuat reputasi blog anda meningkat dan berpengaruh terhadap konten - konten lainnya dikemudian hari. Sedangkan yang dimaksud dengan unik adalah materi yang sifatnya dibutuhkan oleh banyak orang namun tidak terlalu sering dibicarakan, ini merujuk pada poin pertama dimana beberapa postingan yang menempati posisi pertama bukanlah artikel yang kaya  pada jumlah kata melainkan karena memiliki sangat sedikit persaingan.

Artikel harus bersifat fleksibel dan dinamis

Yang dimaksud dengan artikel fleksibel ialah konten informatif yang mampu bertahan lama dan inti dari pada tulisannya tetap berlaku hingga kurun waktu beberapa tahun kedepan. Usahakan untuk tidak memilih topik yang sedang menjadi trend pembicaraan karena akan memiliki batasan terhadap waktu. Maka dari itu sebaiknya memilih tema postingan yang bersifat abadi sebagai pertimbangan silahkan baca : ide niche dan artikel yang berkualitas.

Memasang internal link

Terbukti bahwa internal link didalam postingan terbaru juga turut memberikan kontribusi terhadap kemungkinan untuk bertahan dihalaman pertama. Perlu diingat memasang internal link pun seharusnya diuapayakan untuk relevan. Relevansi tersebutlah yang nantinya akan membantu google bot atau spider untuk lebih mudah dalam melakukan perayapan. Dengan internal link juga memberikan keuntungan untuk mengoptimalkan postingan yang gagal menuju page one, jika internal link dipasangkan tepat dengan artikel yang ada di halaman pertama mesin pencari secara tidak langsung sudah mengangkat posisinya tanpa harus bersusah payah memperbarui untuk naik pada posisi teratas search engine.

Itu dia beberapa kiat yang mudah – mudahan saja bermanfaat untuk menjadikan blog dan artikel mampu mencapai halaman pertama seperti google. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa artikel sudah terindeks dengan menggunakan  tool dari webmaster yaitu google search console. Serta periksa secara berkala dan perbaiki kesalahan ataupun error perayapan yang terjadi, dengan banyaknya kesalahan - kesalahan akan sangat menggangu spider dalam merayapi dan mengindeks situs anda. 
Barangkali ada yang ingin ditambahkan silahkan memberikan tanggapan melalui kolom komentar.

SHARE

1 komentar:

  1. Dengan jumlah kata sekitar 600 udah bisa masuk pagr one, tapi susah bertahan mudah digeser

    ReplyDelete