-->

Cara mengatasi kesulitan untuk menemukan ide dalam menulis blog

mencari ide postingan blog
Ide Menulis

Seperti biasa setelah semua kesibukan sehari - hari sudah terselesaikan selanjutnya tinggal memanfaatkan kekosongan waktu untuk ngeblog. Tapi naas setiap kali login ke dashboard blogger kadang malah bingung apa yang akan dilakukan. Dari semua blog yang dibuka masih tidak atau belum menemukan ide dan feel khususnya untuk memperbarui atau menulis artikel terbaru. Kurang lebih seperti itu kasus yang pernah saya alami awal mula memulai blogging dulu.

Ya meskipun ngeblog bukan sekedar mempublish artikel baru,  dapat juga melakukan hal lainnya seperti memperbarui tulisan lawas untuk memperbaiki posisinya pada search engine atau yang lainnya. Tapi karena seandainya tidak menuliskan postingan baru pun blog justru akan terkesan ada pada kondisi stagnasi yang cenderung tidak mengalami perkembangan. Maka dari itu sebisa mungkin untuk meminimalisir kesulitan - kesulitan dalam menulis di dalam blog.
Kondisi - kondisi seperti ini juga sempat menyulitkan saya pada saat awal mengenal blogging, dimana kala itu sama sekali belum mengenal konsep awal  membangun blog dan tidak tahu tentang  teknik riset keyword.

Sebagai catatan, konsistensi mebuat artikel baru setiap harinya untuk meningkatkan jumlah (quantity) juga bukan jaminan blog anda akan kedatangan pengunjung secara besar yang dengan kata lain anda berfikir hal itu akan sebanding dengan perjuanagan keras anda dalam menulis, tentu tidak seperti itu. Banyaknya artikel hanya memperbesar kemungkinan blog anda lebih mudah ditemukan melalui mesin pencari google, sedangkan untuk trafik yang besar anda harus berusaha supaya postingan yang sudah sekian banyak tersebut atau yang hanya sedikitpun dapat ditemukan dan dibaca oleh target konsumen.
Atau anda bisa membaca : Cara masuk dihalaman pertama search engine, yang setidaknya menempatkan sebagian postingan anda di halaman pertama agar mudah dikenali dan diketahui oleh pencari.

Kembali ke topik utama, masalah - masalah dalam menemukan ide menulis memang menjadi momok mengerikan bagi sebagian besar blogger dan biasanya berakibat fatal sebab beberapa diantaranya memilih meninggalkan blog nya. Jika anda lebih teliti, ada banyak cara untuk menemukan ide postingan dan tanpa disadari muncul begitu saja, walaupun passion menulis yang dimiliki setiap blogger tidak mungkin akan seragam, tapi tidak ada salahnya mencoba cara dibawah ini sebagai upaya untuk menemukan ide dalam menulis blog.

Coba untuk perbanyak membaca

Sebagai seorang blogger yang terbiasa menulis pasti secara tidak langsung juga akan terbiasa membaca tulisan milik orang lain, entah untuk menambah wawasan atau sekedar ingin membandingkan dengan tulisannya. Yang jelas, dengan membaca adalah teknik paling baik untuk membantu mengatasi masalah ini. Terkadang ide muncul begitu saja ketika sedang membaca, misalnya dari tulisan yang tersebut terdapat perbedaan opini yang dimiliki sehingga menemukan ide untuk menanggapinya lewat tulisan di blog nya sendiri.
menambah wawasan dengan membaca
Perbanyak Membaca

Cara membaca untuk menemukan ide

Sudah sering terjadi dimana biasanya orang - orang akan menyimpulkan isi dari sebuah tulisan sebelum membaca secara keseluruhan. Kasus seperti ini sering menyebabkan simpang siuran informasi. Sebagai blogger, tentunya kita akan kecewa ketika sudah berusaha sebaik mungkin untuk mempersembahkan karya tulis yang informatif namun ternyata disalah artikan oleh pembaca yang ternyata tidak membaca dengan teliti sehingga terjadi misunderstand. Oleh karena itu, mengingat kita adalah blogger yang menyediakan ruang baca, sebisa mungkin juga membiasakan membaca dengan sebaik mungkin.

Baca Juga : manfaat menjadi blogger

Lakukan sesi observasi

Melakukan observasi atau pengamatan yang dilakukan secara sengaja untuk tujuan menemukan ide adalah langkah positif. Dengan begitu, blogger akan terbiasa berfikir keras untuk memecahkan masalah dalam blogging khususnya masalah mentok ide, observasi sendiri dapat dilakukan dengan cara mengamati setiap hal pokok (niche) atau yang terkait.

Biasakan untuk bersosialisasi

Biasakan untuk berdiskusi dengan orang lain, selain membaca, bersosialisasi dengan orang lain juga mampu menambah pengetahuan pada hal baru yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Selain itu, dengan berdiskusi secara spontan ide akan muncul akibat perdebatan ringan untuk mencoba menemukan solusi terbaiknya.

Membuat catatan konsep ketika luang

Poin ini harusnya sudah dilakukan sebelum membuat blog seperti yang sudah disebutkan disini, jadi tidak perlu terlalu banyak mengulang silahkan klik linknya untuk membaca.

Gunakan fasilitas translator

Sah sah saja jika anda senang membaca blog luar negeri yang menggunakan bahasa inggris dan berencana menuliskan kembali dengan cara menerjemahkannya. Caranya adalah dengan menggunakan mesin penerjemah gratis seperti google dan bing translator. Bahayanya, ada juga blogger yang sengaja menerjemahkan dan langsung mengkopikannya dengan sedikit mengedit sebagai materi postingan di dalam blognya. Saya sangat tidak merekomendasikan cara ini, karena yang saya maksudkan adalah dengan menerjemahkan hingga memahaminyanya anda akan berusaha memahami dan sedikit belajar bahasa inggris,

Coba untuk mendengarkan lagu/musik

Ketika mendengarkan suara Mike Ness, Social Distortion yang berjudul Angel Wings cukup efektif dalam menginspirasi dan memotivasi saya untuk terus berjuang setiap kali melakukan aktifitas apapun bahkan di luar dari blogging sekalipun. Ada baiknya anda mencoba mendengarkan lagu kesayangan ketika mengalamai masalah seperti kesulitan dalam menemukan ide menulis di blog. 

Sebagai tambahan, agar tidak menemukan kebuntuan sebaiknya tidak melakukan beberapa hal berikut yang faktanya berdasarkan pengalaman pribadi, poin - poin dibawah ini pernah membuat saya menjadi malas ngeblog dan kehabisan ide untuk menulis.

Jangan menyibukan diri dengan template

Sering mengganti dan memperbarui template atau tampilan blog adalah kesalahan fatal. Biasakan agar jangan terlalu terfokus pada tampilan, karena dengan berkutat pada tema anda sudah membuang-buang waktu untuk mengelola blog.

Hindari membaca/mencari ide dari blog favourite

Bukan berarti saya melarang bagi anda untuk membaca blog milik orang lain yang anda senangi, sudah bukan rahasia tentunya setiap blogger akan mengidolakan blogger lain entah itu karena materi yang lebih menarik, lebih senior atau alasan lain. Intinya, jika anda berfikir akan menemukan ide dengan cara sengaja mengunjungi blog milik idola anda, secara tidak langsung anda membunuh potensi ngeblog anda sendiri. Karena secara manusiawi, dengan mengidolakan seseorang cenderung akan mengikuti kebiasaan dari idolanya. Yang dikhawatirkan, blog anda justru akan memiliki kemiripan seperti pada gaya bahasa, materi dan mungkin di anggap plagiarisme.

Jangan pernah berfikir yang penting posting

Sangat fatal jika seorang blogger memiliki prinsip yang penting posting, asal ngisi blog dll. Jika pola fikir seperti itu tidak segera di singkirkan maka hanya akan terjebak dalam rasa malas dalam menulis blog. Utamakan kepuasan konsumen dan kualitas tulisah, toh membuat blog selain meberikan informasi juga pada hakikatnya kita menjual kreatifitas menulis.

Itulah beberapa cara yang mudah - mudahan berguna serta dapat membantu mengatasi kesulitan dalam mencari ide yang akan dituliskan dalam blog. Salam.

SHARE

0 komentar:

Post a Comment